Perbaikan Aplikasi Binar Ilmu Grading System untuk Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Proses Bisnis dan Basis Data di SMP dan SMA Binar Ilmu

Perbaikan Aplikasi Binar Ilmu Grading System untuk Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Proses Bisnis dan Basis Data di SMP dan SMA Binar Ilmu

Pada hari Kamis tanggal 23 November 2023, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa yang dipimpin oleh Bapak Isman Kurniawan dari Fakultas Informatika, Universitas Telkom. Bentuk dari kegiatan ini berupa perbaikan aplikasi Binar Ilmu Grading System di SMP dan SMA Binar Ilmu. SMP dan SMA Binar Ilmu merupakan sekolah yang berlokasi di Kabupaten Bandung yang memadukan kurikulum nasional dengan kepesantrenan, serta menyediakan beragam program pengembangan minat dan bakat bagi siswa. Sementara kedua sekolah ini menonjol dengan pendekatan kurikulum yang berbeda dan program pengembangan siswa yang beragam, mereka juga dihadapkan pada permasalahan terkait kurangnya efektivitas dalam proses input nilai dan pengelolaan basis data akademik. Proses input nilai yang belum efektif ini berpotensi dapat menghambat guru-guru dalam melaporkan dan merekam hasil evaluasi siswa dengan cepat dan akurat. Selain itu, kelemahan dalam sistem pengelolaan basis data akademik dapat mengakibatkan kesulitan dalam mengakses dan mengelola informasi penting seperti riwayat nilai, absensi, dan catatan kegiatan siswa. Ketidakefisienan ini mungkin mengganggu alur kerja sekolah dan berdampak negatif pada kualitas pengajaran serta administrasi sekolah secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan guna membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan basis data di SMP dan SMA Binar Ilmu.

Melalui kegiatan ini, guru dan staf sekolah dimudahkan dalam proses mengelola data akademik, serta mengakses informasi dengan cepat dan akurat. Perbaikan arsitektur dan basis data aplikasi menjadikan proses bisnis lebih sederhana, sehingga akan mengurangi beban kerja administratif mereka dan memungkinkan lebih banyak waktu serta energi untuk difokuskan pada kegiatan pengajaran yang lebih kreatif dan bermanfaat. Peningkatan kemampuan mengelola data juga akan memungkinkan guru dan staf sekolah untuk mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang akurat dan tepat waktu. Selain itu, dengan adanya sistem input nilai yang lebih mudah dan aksesibilitas informasi yang lebih baik, dari sisi siswa juga akan merasa lebih terlibat dalam perkembangan akademik mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *