IMPLEMENTASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN SISTEM AKADEMIK SEKOLAH

(STUDI KASUS: MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ASH SHIDIQ)

Sistem informasi akademik adalah adalah sistem yang digunakan oleh satuan pendidikan untuk mengelola dan menyampaikan informasi akademik para peserta didik kepada para pihak terkait. Dengan adanya sistem informasi akademik ini diharapkan sekolah yang menjadi masyarakat sasar program pengabdian kepada masyarakat ini dapat memudahkan kegiatan operasional sehari-hari terkait pengelolaan data akademik sekolah dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Yayasan Pendidikan Islam Ash Shidiq selaku badan hukum yang menjadi wadah Madrasah Ibtidaiyah (MI – Setingkat Sekolah Dasar) memiliki visi untuk “Mencetak dan membina generasi yang beraqidah dan berbudi pekerti yang luhur”. Berdasarkan hasil survey awal yang telah dilakukan dengan pihak sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ash-Shidiq, terdapat beberapa kelemahan di MI Ash-Shidiq dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, terutama dalam sistem informasi sekolah dan infrastruktur jaringan pendukung sistem akademik sekolah. Oleh karenan itu tim pengabdian masyarakat Universitas Telkom menawarkan solusi pertama yakni mendukung pembangunan infrastruktur jaringan di MI Ash-Shidiq. Infrastruktur jaringan dibangun dengan beberapa perangkat utama yang diperlukan seperti router, switch, dan lain-lain.

Dalam rangka keberlanjutan kegiatan pengabdian masyarakat maka diperlukan umpan balik dari kegiatan yang telah diimplementasikan dan dilaksanakan sebelumnya. Dari hasil umpan balik tersebut, kegiatan pelatihan yang telah sesuai dengan dilakukan kebutuhan mereka. Materi/kegiatan yang disajikan sangat jelas dan mudah dipahami. Keberlanjutan kegiatan pengabdian masyarakat sangat diharapkan masyarakat sasar untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *